secang

SECANG, SI MERAH DARAH YANG BERGUNA

          Secang, alias Sepang  (Caesalpinia sappan L) sudah sekian lama dikenal orang sebagai tanaman untuk pewarna. Getah warna merah muda hingga merah darah keluar dari batang pohonnya , jika kulit pohon terluka. Oleh karena itu, orang menggunakan batang pohon ini sebagai pewarna merah. Namun, bukan sekedar pewarna, pohon secang dengan warna merahnya, ternyata bermanfaat bagi kesehatan, yakni sebagai pelancar peredaran darah, radang selaput mata, berak darah, darah kotor, dan batuk darah.

          Tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan khususnya yang berhawa panas. Namun tanaman ini ditemukan di ketinggian 100 hingga 1000 meter diatas permukaan laut. Secang atau Sepang ini termasuk tanaman perdu yang berduri di batangnya. Kayunya keras, dengan inti berwarna merah hingga kebiru-biruan yang disebabkan mengandung asam tanat dan asam galat. Tanaman ini tanaman asli negeri kita, karena sejak dulu telah dikenal sebagai bahan pewarna dan tanaman obat.

Wedang Secang                     .

            Secang tidak hanya sebagai tanaman obat semata yang hanya digunakan untuk mengobati penyakit. Warnanya yang merah menarik sebagai pewarna minuman. Secang dapat dibuat menjadi sirup maupun minuman segar. Resep ini diambilkan dari buku Membuat Jamu Segar Untuk Pemula yang ditulis oleh Sidiq Raharja ( Merapi Farma Yogyakarta)

Cara Membuat :

Bahan : Kayu secang 40 gr, jahe basah 60 gr, kapulogo 10 gr, cengkeh 5 gr, sere 2 batang, gula putih 500 gr, 1 sendok the, air 3 liter. Jahe dicuci lalu dibakar dan dimemarkan. Semua bahan dimasak dengan air  3 liter sampai mendidih, kemudian jahe dimasukan dan diaduk  sebentar lalu diangkat. Kemudian disaring dan minuman ini siap dinikmati pagi atau malam hari.

             Jika anda ingin menambah manfaatnya, bukan sekedar untuk melancarkan darah, anda dapat menambahkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, anda ingin membuat minuman untuk meningkatkan gairah pria, tambahkan jawa, lada atau purwoceng dalam campuranya. Nah mengapa harus membeli minuman dengan harga mahal, bila kita bisa membuat minuman yang sehat, sedap dan berkhasiat sendiri ?. Selamat mencoba ! (pinta/sentbi)