Kelor Tanaman Ajaib

KELOR, TANAMAN AJAIB  MULTI KHASIAT

Jangan pernah remehkan daun kelor ! Tanaman yangs selama ini hanya dikenal sebagai tanaman pagar dan pengusir hantu serta hal gaib lainya, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Lihat saja kandungan nutrisinya. Daun kelor mempunyai 7 x vitamin C pada jeruk, 4 x calcium pada susu, 4 x vitamin A pada wortel ,2 x protein pada susu 3 x potasium pada pisang. Hebat !

Tanaman kelor adalah tanaman berkayu yang bisa tumbuh hingga mencapai 11 meter. Daunya bulats mengarah kesegi tiga berukuran jari manusia tersusun berselang. Daunya berwarna hijau, jika diremas mengeluarkan bau khas.Akarnya berwarna putih membesar seperti lobak. Tanaman ini mampu hidup di dataran rendah sampai ketinggan 1000 meter diatas permukaan laut. Di Indonesia, tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman pagar di pekarangan.

Tanaman Penangkap Air

Kelor dengan penampilan akarnya yang membesar dan memanjang, ternyata mampu menyerap dan menahan air cukup besar.  Sehingga pada musim hujan walau dalam jumlah yang paling minimal, jatuhan air hujan akan dapat ditahan oleh sistem akar kelor, dan pada musim kemarau “tabungan” air sekitar akar kelor akan menjadi sumber air bagi tanaman lain.Di kawaan Arba Minch dan Konso, pohon kelor justru digunakan sebagai tanaman untuk penahan longsor, konservasi tanah, dan terasering. Hal ini karena sistem akar kelor cukup rapat, bencana longsor jarang terjadi. Untuk melihat apakah benar daun kelor menyerap air lebih banyak,galilah akar kelor dan potong, anda akan medapatkan air yang banyak dibanding dengan tanaman lain. Bukti  lain adalah pada saat musim kemarau, tanaman kelor masih menunjukan kesegaran daunya,tanpa meranggas seperti tanamaan kayu lainya.

Multi Khasiat

Periset dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, membuktikan bahwa daun kelor memang berkhasiat sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati. Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, misalnya luka usus dan luka lambung Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Inilah beberapa khasiat daun kelor :

  1. Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh 2. Menyegarkan mata dan otak 3. Meningkatkan metabolisme tubuh 4. Meningkatkan stuktur sel tubuh 5. Meningkatkan serum kolesterol alamiah 6. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit 7. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal 8. Memperindah kulit 9. Meningkatkan energi 10. Memudahkan pencernaan 11. Antioksidan 12. Memelihara sistem imunitas tubuh 13. Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan 14. Bersifat anti-peradangan 15. Memberi perasaan sehat secara menyeluruh 16. Mendukung kadar gula normal tubuh. Masih belum percaya ? buktikan ! (Disadur dari Wikipedia.com dan Khasiat Kelor.Com).(sentbi)