Sirsak, Si Pemburu Kanker

Siapa menyangka, sirsak (Anonna muricata) alias nangka landa (jawa),durian betawi (minangkabau), srikaya jawa (Bali), memiliki kekuatan untuk menumpas kanker hingga keakar-akarnya, tanpa menimbulkan afek samping bagi penderitanya. Daunya yang berbau tajam mengandung 34 senyawa Cytotoxic juga bermanfaat untuk membunuh sel kanker an Zat annonaceous acetogenins yang dikandungnya dinyatakan mempunyai 10.000 kali lebih kuat untuk membunuh sel kanker dibandingkan dengan adriamycin yang biasa digunakan untuk pengobatan kemoterapi pada saat ini.

Zat acetogenins yang ada dalam sirsak ini dapat membunuh aneka jenis kanker, seperti kanker usus, tiroid, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas bahkan penyakit ambeien tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat dan , tanpa menyebabkan rasa mual dan muntah serta tanpa kehilangan berat badan maupun kerontokan rambut dalam jumlah besar.Hal ini telah diteliti di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, Amerika Serikat.

Sirsak dapat dijumpai diseluruh wilayah Indonesia. Di dataran tinggi maupun dataran rendah. Mulai dari hutan-hutan sampai dipekarangan. Keberadaanya masih dipelihara dengan cara liar. Belum banyak yang mengebunkan buah ini. Di beberapa hutan banyak ditemui sirsak ini tanpa dipelihara, dia tumbuh liar bersama dengan tanaman lain dan menjadi makanan hewan dan burung. Dibawah pohon sirsak sering ditemui anakan sirsak yang tumbuh dari biji buah yang jatuh bersama buahnya.

Buah sirsak banyak mengandung karbohidrat, terutama fructosa serta vitamin B1,B2 dan C. Air ekstrak atau jus minuman merupakan minuman berkalori tinggi sehingga  sangat cocok untuk orang yang mempunyai aktivitas tinggi tapi sedang berdiet karbohidrat. Minuman ini juga tidak akan menambah gula darah bagi penderita diabetes melitus, jika menyajikannya tanpa ditambah gula konsumsi.

 

Cara Menanam

Tanaman sirsak mudah dibudidayakan. Bisa ditanam dari biji atau dari cangkok maupun okulasi. Karena jumlah varitasnya banyak, kita dapat menanam banyak varitas dalam satu pohon.  Tanama ini juga tahan terhadap naungan tanaman lain. Pemupukan dilakukan  sebelum ditanam dan  setiap 3 bulan sekali.  Mulai berbuah umur  3 tahun (dari cangkok/okulasi) dan lima tahun lebih bila dari biji.

Hama pengganggu tanaman ini yang agak bandel adalah hama kutu putih. Jika sudah terserang kutu ini, maka daun-daun akan menghitam dan tentu saja pertumbuhanya akan terhambat. Untuk mengendalikan, cukup dengan memotong batang/ranting yang terserang. Bila seluruh tanaman sudah terserang, maka sebaiknya dilakukan penyemprotan menggunakan pestisida alami atau kimia buatan pabrik.

 

Membuat  Ramuan

Buah

Buahnya sebanyak 150-250 grm setiap hari dibuat jus atau dimakan begitu saja.  Daging buah ini berenergi tinggi cocok untuk penderita kanker yang biasanya lemas dan sering lelah. Selain itu, daging buah sirsak banyak mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi buah segar akan membantu orang yang memiliki kesulitan buang air besar.

Daun

Untuk pengobatan kanker, rebus 10-15 lembar daun segar dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minumlah selagi hangat pada pagi atau sore hari. Disarankan untuk merebus daun dengan kuali tanah, agar kandungan zatnya tidak berubah. Selain untuk kanker, minuman dari daun sirsak ini dapat melancarkan air kencing.  (diolah dari berbagai sumber/sentbi)

 

 

 

About the Author: adminbp4pakem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *