binahong

BINAHONG, LALAPAN PENYEMBUH LUKA

Pernah melihat daun Binahong ? Binahong, daunya berbentuk hati, merambat melingkar di tanaman lain atau pagar. Berdaun basah dan lunak mengandung lendir. Hampir tidak berbau dan berasa.  Warnanya hijau gelap. Ada yang menyebut dengan  Anredera cordifolia (Ten.) Steenis namun Wikipedia menyebut tanaman ini dengan Bassela rubra linn.Berdasarkan penelitian, binahong sangat baik untuk revitalisasi kulit, memberi stamina ekstra, melancarkan peredaran darah, mencegah stroke, dan asam urat. Selain itu, mengkonsumsi binahong mampu meningkatkan vitalitas pria, mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah, dan menyembuhkan luka (Puryanto, 2009). Ada lagi yang menyebutkan bahwa Binahong mampu menyembuhkan wasir hingga diabetes. Benarkah demikian ? Inilah kandungan daun binahong  Saponin dapat menurunkan kolesterol, mempunyai sifat sebagai antioksidan, antivirus dan anti karsinogenik dan manipulator fermentasi rumen. Flavonoid dapat berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Alkaloid adalah bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari sistem heterosiklik. Alkaloid memiliki aktivitas hipoglikemik. Asam Oleanolik Daun binahong diketahui mempunyai kandungan asam oleanolik. Asam oleanolik merupakan golongan triterpenoid yang merupakan antioksidan pada tanaman. Mekanisme perlindungan oleh asam oleanolik adalah dengan mencegah masuknya racun ke dalam sel dan meningkatkan sistem pertahanan sel. Asam oleanolik juga memiliki zat anti inflamasi. Kandungan nitrit oksida pada asam oleanolik juga menjadi anti oksidan, yang dapat berfungsi sebagai toksin yang kuat untuk membunuh bakteri. Jadi dengan adanya asam oleanik ini akan memperkuat daya tahan sel terhadap infeksi dan memperbaiki sel sehingga sel dapat beregenerasi dengan baik. Selain itu, daun binahong juga mengandung minyak atsiri yang berguna sebagai analgesic.

            Kandungan-kandungan itulah yang membuat daun binahong dapat digunakan sebagai penambah nutrisi karena mengandung protein dan asam askorbat sekaligus mampu sebagai penyembuh penyakit.  Bagaimana cara memanfaatkan daun binahong, inilah beberapa resep dari daun binahong.

            Untuk luka bakar, memar, luka tergores atau untuk sekedar menghaluskan kulit  cukup dengan menumbuk daun binahong dan mengoleskan pada bagian yang sakit. Untuk luka dalam, seperti mag, luka bekas operasi dan tifus dapat diberi minuman dari daun binahong dengan cara direbus, disaring  dan diminum 2-3 kali sehari. Untuk menjaga stamina, daun binahong cukup direbus bersama dengan makanan  lain atau cukup dibuat lalapan. (Sentbi)