Kabupaten Sleman Kekurangan Penyuluh Pertanian

SLEMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini kekurangan tenaga pertanian. Berdasarkan data, jumlah penyuluh pertanian hanya 65 orang, penyuluh perikanan 16 orang, dan tenaga bantu penyuluh dari kontrak APBN 53 orang.

Jumlah ini tentunya tidak sebanding dengan jumlah desa di Sleman, yaitu 86 desa termasuk jumlah kelompok tani dan kelembagaan petani juga semakin bertambah. Padahal idealnya untuk satu desa minimal ada satu penyuluh pertanian. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan berimbas pada produktivitas dan pengembangan pertanian di kabupaten dengan semboyan Sembada itu.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman, Heru Saptono mengatakan, berkurangnya penyuluh pertanian lantaran sebagian pegawai memasuki masa pensiun tapi tidak diikuti pengangkatan pegawai baru. Untuk sementara, solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengoptimalkan unit pelaksana tugas Balai Penyuluhan Pertanian, Pangan dan Perikanan (UPT BP4) sebagai center of education (CoE). Unit ini sebagai pusat pembelajaran, pendidikan formal baik bagi penyuluh, pelaku utama, pelaku usaha maupun masyarakat pada umumnya.

sumber : https://daerah.sindonews.com/read/1330372/189/kabupaten-sleman-kekurangan-penyuluh-pertanian-1534244443

Recommended For You

About the Author: adminbp4pakem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *